Kamis, 27 Februari 2014

Menentukan kalimat fakta dan opini dalam iklan



            Haiii... met datang ya di blog iniii... di sini saya akan membahas tentang menentukan kalimat fakta-opini iklan sama biografi. Hehehe... Dalam materi UAN kelas 9, ada materi menentukan kalimat yang termasuk fakta dan kalimat yang termasuk opini dalam iklan, baik iklan baris atau iklan kolom. Alasan saya membuat paper ini untuk membantu pembelajaran bahan atau materi untuk UAN yang diadakan sekitar bulan April atau Mei. Terkadang juga masih banyak anak yang masih bingung membedakan antara kalimat fakta atau opini dalam iklan. Sebenarnya, menentukan kalimat fakta dan opini dalam teks iklan bagus untuk melatih kemampuan analisis daya pikir kita lho... Di sinii, akan pembahasan akan dijelaskan tentang kalimat fakta dan opini seperti pengertian fakta, opini, dan iklan. Juga akan disajikan contoh iklan dapat berupa iklan baris atau kolom dan pembahasan atau penguraian kalimat fakta dan opini iklan tersebut. Saya berharap blog ini juga dapat membantu kalian yang membuka blog ini yaaaaa... :)


A. Pengertian fakta, opini dalam iklan.
            Iklan merupakan media komunikasi persuasive yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran. Iklan biasanya terdapat 2 bentuk yaitu Baris dan kolom Di dalam iklan, terdapat kalimat fakta dan opini. Kalimat fakta dan opini tidak hanya terdapat dalam berita atau artikel tapi bisa terdapat dalam iklan.
            Dalam teks iklan, kalimat tersebut atau tertentu dikatakan kalimat fakta apabila informasi itu berupa sesuatu yang benar-benar ada, benar-benar terjadi atau memang kenyataannya seperti itu. Selain itu kebenaran informasi yang berupa fakta tidak diragukan lagi. Fakta merupakan sesuatu    sudah terjadi.
            Sebaliknya sesuatu dikatakan opini atau pendapat apabila informasi dalam iklan itu merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran atau penawaran untuk mempengaruhi pembaca. Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya terdapat 2 bentuk
B. Contoh iklan dan menentukan fakta dan opini dalam teks iklan tersebut :
1. RUMAH     DIJUAL-BODETABEK
Dijual Cepat Rumah type 48/90 di perumahan Kota Wisata – Cluster
Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi standard dan bagus.
Harga 220 jt nego. Hubungi (021) 82482136, 081288731588 (Farah)
Sumber: Kompas, 3 Maret 2007
Dalam teks iklan di atas kita dapat menentukan kalimat fakta dan opini yang terkandung dalam teks iklan tsb.
Informasi yang berupa fakta :
            -Tipe rumah yang dijual 48/90
            -Terletak di perumahan kota Wisata Cluster Montreal Blok YA 15 No 15
            -Nomor telepon : (021) 82482136, 081288731588
Informasi yang berupa opini :
            -Menurut pemasang iklan, lokasi perumahan itu bebas banjir (ide pemasang iklan untuk
             Mempengaruhi pembeli)
            -Kondisi standar dan masih bagus (ukuran standar dan bagus  (tidak jelas dan juga                         kebenarannya perlu dibuktikan)
            -Ditawarkan dengan harga 220 juta nego
2. Dibutuhkan pembantu rumah tangga yang pend min D1 Krm Lamaran ke PO BXX 222 Jakarta dan dijamin gaji memuaskan.
Informasi yang berupa fakta :
            -Dibutuhkan pembantu rumah tangga
            -Pendidikan min D1
            -Krm Lamaran ke PO NXX 222 Jakarta
Informasi yang berupa opini :
            -Gaji memuaskan

PENUTUP :
            Kesimpulan yang terdapat dalam materi ini adalah fakta dan opini memiliki perbedaan dalam hal data yang disajikan, dan fakta itu berisi sesuatu terjadi yang benar-benar terjadi dalam suatu hal yang realita. Sedangkan opini itu lebih mengarah ke arah buah dugaan atau pemikiran menurut subjektif orang itu sendiri (orang yang membuat iklan). Menentukan kalimat fakta dan opini dalam iklan cukup mudah karena terdapat perbedaan ciri khas yang jelas antara fakta dan opini.

DAFTAR PUSTAKA :
1. Ketut Madera, 2010. Iklan. http://maderaindo.blogspot.com/2010/09/iklan.html{8 september 2010}
2. Mas Elly. Fakta dan Opini dalam iklan. http://maselly2000.wordpress.com/bhs-indonesia-ix/pelajaran-1/fakta-dan-opini-dalam-teks-ikla/.html

5 komentar: